"Jika belum ketemu tentu sangatlah rindu, jangan bersedih hati terus sebut namanya sampai dia datang menghampiri"

Kamis, 04 Februari 2010

Posko Pelayanan Kesetiakawan Sosial Hari Pertama (Assesment Anak Jalanan)


Lebak Bulus 3 Februari 2010: Sinar matahari hilang berlahan tertutup awan yang kian pekat menutupi jalanan lebak bulus, bertanda hujan akan segara turun. anak-anak tetap mengayuh tangan memetik gitar meski tak berirama. Alat musik kecrek terbuat dari botol air mineral bekas, berisi beras atau pasir mengusik telinga para pengendara kendaraan beromotor. Anak-anak jalanan terus melangkah menghampiri kendaraan yang sedang berhenti dilampu merah menawarkan jasa hiburan demi uang receh. Wajah mereka ceria tatkala ada yang memberi atau hanya minta maaf dengan senyuman. bahkan wajah mereja tetap sumringah dikala ada pengendara kendaraan yang cuek dan mengijeknya.

Itulah pengalaman pertama kegiatan Posko Pelayanan Kesetiakawanan Sosial yang deiselenggarakan oleh Dinas Sosial DKI Jakarta bekerjasama denga Rumah Singgah Bina Anak Pertiwi, Dilts Foundation, Insan Mandiri, PSM Jakarta Selatan, Sudin Sosial Jakarta Selata, TKSK, Karang Taruna, Tim Dokter Atmajaya, Tagana dan unsur masyarakat lainnya. Program yang dilaksanakan adalah selain assesment ada juga pelayanan kesehatan gratis, bermain bersama anak jalanan, nonton bareng, konsultasi semua persalahan yang dialami anak dan orang tua dengan psikolog.

Dihari pertama ini terdata anak jalanan yang mengamen dan ngasong sebanyak 30 orang dengan kisaran umur dari balita sampai umur 18 tahun. anak-anak ini cukup beragam ada yang masih sekolah ada juga yang tidak pernah sekolah sama sekali. dengan adanya pelayanan sosial bagi anak ini diharapkan permasalahan anak dijalanan semakin berkurang, dan anak-anak yang sudah terdata mudah-mudahan dapat rujukan pelayanan di panti-panti pemerintah atau rumah singgah yang memang secara khusus memberikan pelayanan sosial, pendidikan, kegamaan, dan pemulihan mental anak. sampai jumpa lagi adik-adik......selamat berjuang kejar masa depan cemerlangmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar